E-Book: 40 HADIS ETIKA BERSOSIAL - LITERASI SAMBAS
News Breaking
Intro
wb_sunny

Breaking News

E-Book: 40 HADIS ETIKA BERSOSIAL

E-Book: 40 HADIS ETIKA BERSOSIAL

Judul Buku : 40 Hadis Etika Bersosial

Pengarang : Hadi Wiryawan

Penerbit   : Pesantren Hadis Cinagara

Tahun Terbit : 2020

Tebal Halaman : 96 halaman

 

Pengantar Penulis:

Islam adalah agama yang sangat indah, salah satu aspek dari keindahan agama Islam adalah terdapat suatu ajaran berupa etika dalam bersosial. Etika dalam pandangan Islam bukanlah perkara yang remeh. Rasulullah sendiri pun telah melakukan hubungan dengan umatnya dalam rangka menyebarkan syariat Islam atas perintah Allah. Beliau bergaul dengan cara yang diajarkan oleh Allah sekaligus menyebarkan ajaran Islam dengan cara yang indah sehingga kebaikan dari etika yang diajarkan dalam Islam dapat dirasakan oleh seluruh manusia di muka bumi ini.

Inti dari etika dalam Islam adalah bahwasanya seorang muslim selalu dituntut untuk menyenangkan perasaan sesama dan menghindari segala hal yang menimbulkan ketidaknyamanan antar sesama. Ruang lingkup dari etika sangat luas, mulai dari memuliakan tetangga, kerabat, tamu, dan yang lainnya. Selain itu terdapat banyak aturan-aturan ketika salah seorang muslim hendak berinteraksi, seperti memberi salam kepada orang lain, menjaga interaksi dengan yang bukan mahram, memperlakukan orang lain seperti ia memperlakukan diri sendiri, tidak menyusahkan dan membahayakan orang lain, mengambil sesuatu dengan izin pemilik, dan lain sebagainya yang pada intinya seorang muslim dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Selain itu terdapat sifat-sifat yang menjadi bagian dari etika seorang muslim, yakni selalu berhusnuzon dan menjauhi suudzon, selalu senang melihat orang lain mendapatkan nikmat dan menjauhi sifat dengki, selalu bertegur sapa dan menjauhi perkara saling mendiamkan melebihi tiga hari, selalu menjadi jiwa pemberi dan menjauhi sifat meminta-minta, selalu menutup aib orang lain dan menjauhi sifat pengumbar aib orang lain, selalu berbakti kepada orang tua dan menjauhi sifat durhaka kepada orang tua, bersikap lembut dan menjauhi sifat kasar, dan lain sebagainya. 

Akhirnya, semoga kehadiran buku ini dapat memberi tambahan ilmu dan membawa manfaat yang sangat besar bagi umat dalam menjaga serta untuk terus menyempurnakan keimanannya. Semoga Allah meridhoi usaha penulis dan mencatatnya sebagai amal shaleh bagi penulis.

Download E-book


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar