News Breaking
Intro
wb_sunny

Breaking News

E-Book: ISLAM AGAMA PERDAMAIAN

E-Book: ISLAM AGAMA PERDAMAIAN

 Oleh: Usmul Hidayah

Literasisambas.org - Islam adalah agama perdamaian dan bukan agama perang. Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam agama Islam, perang tetap diakui serta punya kedudukan tersendiri.

1.        Al-Quran

Di dalam Al-Quran bertabur ayat-ayat terkait dengan perang, bahkan ada surat yang bernama Harta Rampasan Perang, yaitu Surat ke-8 al-Anfal. Namun bukan berarti isi Al-Quran hanya perang saja. 

2.        Hadits

Di dalam Hadits Nabawi banyak dikisahkan peristiwa dalam peperangan, bahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga seringkali menjadi komandan perang. Namun bukan berarti bahwa sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam itu melulu tentang perang.

3.        Sirah Nabawiyah

Kalau kita bukan kitab Sirah Nabawiyah, maka kita dapati isinya juga bertabur dengan banyak perang. AdaPerang Badar (2H), Perang Uhud (3H), Perang Khandaq dan Bani Quraidhah (5 H), Perang Khaibar (7 H), Perang Mu’tah (8 H), Perang Hunain (8 H), Perang Tabuk (9 H) dan perang-perang lainnya. Namun bukan berarti intisari kehidupan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hanya soal perang saja.

4.        Fiqih Islam

Dalam pelajaran fiqih selalu terdapat Bab Jihad atau yang lebih sering disebut dengan Kitab Siyar (perjalanan), sebab perang yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lakukan kebanyakanya dalam konteks perjalanan jauh. Namun bukan berarti ilmu fiqih hanya berisi hukum-hukum perang saja.

 

Wujud syariat Islam secara utuh sebenarnya adalah kasih sayang kepada seluruh alam, sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam. (QS. Al-Anbiya : 107) 

Perang dalam syariat Islam hanya salah satu komponen kecil dari wujud utuhnya yang besar, yang digunakan hanya sewaktu-waktu dengan syarat yang seabreg. Bahkan Allah subhanahu wa ta'ala secara tegas menyebutkan bahwa perang itu merupaka sesuatu yang dibenci.

 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 216)



 E-book ini saya dapatkan secara gratis, dan silahkan download e-book tersebut dengan Percuma.

Klik: Download E-Book

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar