News Breaking
Intro
wb_sunny

Breaking News

TAUBAT DAN HIJRAH

TAUBAT DAN HIJRAH

Oleh: Usmul Hidayah


Literasisambas.org Taubat dan Hijrah adalah kewajiban kita semua. Kita diperintahkan bertaubat dari kemaksiatan, dari kedurhakaan kepada ketaatan, kepada kesholehan, dan kepada keimanan dan ketaqwaan serta kepada ibadah sesuai dengan sunnah Nabi shalallau 'alaihi wasallam.

Perlu kita ingat, bahwa hijrah tidak mudah. Mereka berhijrah harus mendengar Firman Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti QS. al-Ankabut ayat 2, artinya:
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?"

Allah akan uji kita, sehingga terbukti mana-mana yang benar-benar berhijrah, atau KaWe dalam berhijrah. Untuk bisa bertahan dalam berhijrah atau ujian-ujian tersebut, maka kita perlu ilmu saudaraku. Firman Allah Qs. al-Kahfi ayat 68, artinya:
"Dan bagaimana kamu dapat sabar (bertahan) atas sesuatu (ujian), yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?"

Contoh sederhana dari makna di atas, bagaimana kita bisa melewati ujian matematika atau sejenisnya jika kita tidak tahu ilmunya tesebut. Begitu juga kehidupan, tidak mungkin kita bisa betahan dalam berhijrah kecuali dengan ilmu.

Jika kita memutuskan untuk menuntut ilmu dalam berhijrah, maka ilmu apa yang haru priotitaskan? Ulama besar Al Iman Ibnul Mubarak, nama yang tidak asing lagi didunia ilmu. Beliau memberikan jawabannya kepada kita, kepada orang-orang yang baru berhijrah. Beliau mengatakan: “Mereka para sahabat, para tabi’in, ketika belajar mereka belajar adab dulu sebelum mempelajari ilmu”.

Mereka mempelajari adab dan akhlak sebelum mempelajari ilmu, adab kepada Allah, adab kepada Rasulullah, adab sesama ummat Islam, adab sesama manusia. Mereka mempelajari itu semua, sehingga mereka sukses. Mereka menjadi imam, mereka bukan hanya menguasai ilmu, namun mereka menjadi teladan-telanda bagi kehidupan.

Wallahu a’lam....
Sumber: Ceramah Ustadz Muhammad Nuzul DzikriBaca Juga: INDAHNYA MENJADI ORANG YANG SHALEH

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar